Berharap Arema U-16 Bisa Sumbang Pemain ke Timnas Indonesia U-16

- Advertisement -

Tak satupun pemain Arema U-16 yang dilirik Timnas Indonesia U-16 untuk ajang Piala AFF U-16 2024. Sebagai pelatih Arema U-16, Nanang Husni Mubarok berharap ke depan timnya berkesempatan sumbangkan pemain.

Sebelumnya, Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto telah memanggil 23 pemain untuk Piala AFF U-16 2024. Daftar pemain itu didominasi para alumni Elite Pro Academy musim lalu.

Sejujurnya, Nanang harus legawa tak ada pemain Arema U-16 di EPA musim lalu yang dilirik Timnas U-16. Namun, ini sekaligus menjadi tantangan baginya untuk terus berjuang menciptakan pemain-pemain handal di masa depan.

“Mudah-mudahan ke depan kami bisa menyumbangkan talenta dari Malang untuk Tmnas Indonesia,” kata Nanang kepada WEAREMANIA.

Syarat Jadi Pemain Timnas Indonesia U-16

Nanang menetapkan syarat sendiri yang harus dipenuhi pemain Arema U-16 jika ingin punya peluang gabung Timnas Indonesia U-16. Menurutnya, pemain itu harus punya modal postur tinggi.

Pelatih asli Kabupaten Malang itu menyebut, untuk bersaing di Timnas harus punya tinggi badan minimal 170 cm. Hal itu juga berhubungan dengan persaingan di level internasional nantinya.

“Karena kebutuhan Timnas sekarang juga berkaitan dengan postur. Minimal harus 170 cm, pengecualian bagi mereka dengan bakat luar biasa (seperti Lionel Messi yang cuma bertinggi badan 165 cm),” tegasnya.

Tidak Mudah Menemukannya

Menurut Nanang yang tengah menempuh pendidikan lisensi kepelatihan B itu, mengakui mencari pemain berpostur mumpuni tidaklah mudah. Makanya, naturalisasi bisa menjadi salah satu solusi.

“Harapannya, dengan tinggi segitu di usia 16, ke depan bisa tumbuh menjadi 180-an ke atas. Sebab, mereka punya target bisa bersaing minimal di level Asia,” tandas pelatih yang baru saja membawa Arema U-16 menjadi juara Youth Elite League 2024 ini.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya